Tak Hanya laut, Daratan Wakatobi Juga Indah

Tuesday , 8, October 2019 Leave a comment

Dalam ingatan banyak orang-orang, Wakatobi cuma terkait dunia bawah laut. Tapi, sebetulnya surga Wakatobi pula terhampar di daratan.

Dari ketinggian sebelum tiba di Lapangan terbang Matahora, deretan pulau di Wakatobi sudah kelihatan ibarat pulau impian. Daratannya muncul ditengah-tengah laut yg jernih serta bergradasi. Wakatobi terbagi dalam 4 pulau khusus, yang sebagai kepanjangan namanya, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, serta Binongko.

Pulau Wangi-Wangi merupakan pulau pertama yg disinggahi turis kalau masuk melalui Lapangan terbang Matahora, sekaligus juga ibukota dari Kabupaten Wakatobi. Jika tiba ke pulau ini, jangan cepat-cepat terjun ke bawah laut. Daratan Pulau Wangi-Wangi menaruh sensasi perjalanan yg mengagumkan. Ada delapan benteng bersejarah serta tiga gua berair terjun yg masih perawan. Benteng serta gua itu sebagai saksi riwayat yg beri warna perjalanan Wakatobi sampai tenar seperti saat ini.

Salah satunya yg saya singgahi yakni Benteng Keraton Liya, 7 km dari pusat Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, yakni benteng peninggalan Kerajaan Buton. Ada masjid tua yg kerap disinggahi peziarah di Benteng. Khasnya, dilapisi luar benteng, ada desa rutinitas Liya yg masih teguh pelihara kebiasaan. Desa rutinitas ini terbagi dalam rumah-rumah masyarakat berarsitektur lokal yg terbangun secara baik, memperingatkan saya dengan Desa Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jika mujur, kita bisa lihat acara-acara rutinitas yg masih mereka melakukan, namun saat itu saya tak mujur.

Saya suka bertandang ke beberapa tempat bersejarah di satu obyek wisata. Salah satunya yg termasuk juga Dream Destination saya merupakan Dubai. Seperti Wakatobi, Dubai bukan cuma terkait laut atau pantai. Dubai pula punyai daerah bersejarah yg benar-benar menarik, seperti Hatta Heritage Village. Mudah-mudahan satu waktu saya dapat bertandang serta tuliskan. Saya pingin menulis novel terkait Dubai.

Please give us your valuable comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *